Top Ad unit 728 × 90

Nakhoda Keluarga itu Bernama Super Father

ilustrasi


Ayah sejatinya adalah peran atau amanah yang akan diemban oleh seorang pria yang telah menikah dan memiliki anak. Ayah memiliki kedudukan penting dalam keluarga setelah hadirnya seorang ibu. Selain untuk mencari nafkah, tugas seoran ayah pun memiliki arti yang sangat penting bagian anak-anak di usia dini sampai dewasa. Ibarat sebuah kapal, ayah adalah nakhoda terpenting yang akan membawa keluarga menuju jalan terbaik.  Tentunya Jika ayah diibaratkan sebagai pemimpin keluarga harus bisa memimpin dengan bijak sesuai dengan kapasitas dan amanah yang diembannya. Jelas saja, peran ayah pada seorang istri dan anak akan berbeda karena masing-masing memiliki kedudukan yang berbeda pula. Lalu, bagaimanakah seharusnya seorang ayah itu memimpin sebuah keluarga yang sesuai dengan perannya? Mari simak bersama ulasannya di bawah ini!
Peran Ayah dalam Keluarga Dilihat Dari Al-Qur’an dan Hadits
Dalam Al-Quran, Allah swt berfirman: “ Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan , oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan). Dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian harta mereka (QS Annisa: 34).
Pada ayat ini telah jelas terkandung makna bahwa laki-laki memiliki peran sebagai pemimpin dan wajib untuk menafkahi keluarga. Selain itu juga memiliki peran utama untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah dan rohmah.
Selain itu terdapat pula sebuah hadits diriwayatkan oleh Imam Bukhori ra, Rasulullah saw bersabda: “bahwasanya setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, kemudian ayahnya yang menjadikan anak itu Yahudi, Nasrani atau Majusi.”
Ayah sejatinya memiliki sebuah peran untuk menanamkan nilai-nilai ketaatan pada keluarga juga sebaliknya bisa mengajarkan hal-hal yang tidak Allah sukai kepada keluarganya. Ayah bisa jadi sosok yang hebat untuk anaknya di masa depan. Dan ayah juga berperan sebagai penyebab kerusakan moral dan akhlak pada keluarganya.
Jika seorang ibu adalah madrasah bagi anaknya, maka peran ayah sebagai “kepala sekolah” yang harus memiliki visi misi yang jelas untuk membawa keluarganya pada akidah yang baik. Sebagaimana Nabi Ibrahim AS yang mengajarkan keluarganya untuk selalu beribadah pada Allah SWT, memiliki akhlak yang baik, dan membekali pengetahuan untuk bisa bertahan hidup.
Peran Ayah selain Menjadi Pemimpin
Selain peran ayah yang disebutkan dalam pembahasan di atas, ayah pun memiliki peran lain sebagaimana telah dilansir dalam https://keluarga.com. Ada beberapa peran ayah yang sejatinya harus diketahui, yaitu:
1.       Ayah sebagai Teman
2.       Ayah sebagai Pelindung
3.       Ayah sebagai Panutan
“Super father” tentunya lebih hebat dari superman karena bukan tokoh fiksi yang dibuat. Melainkan amanah nyata yang dipilihankanNya untuk laki-laki yang telah berhak menjadi ayah. Teruslah untuk belajar dan mencari ilmu seluas-luasnya.  Jadikan amanah “super father” yang Anda peroleh sebagai bekal untuk di akhirat kelak. Jadilah super father dimata keluarga yang dimana Wallahu’alam bishawab.
(Sundus Afifah)

Nakhoda Keluarga itu Bernama Super Father Reviewed by Ipah Abiba on 08.00 Rating: 5

1 komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.