Top Ad unit 728 × 90

Polusi 25 Mei 2017


Polusi lingkungan adalah pelepasan polusi lingkungan, yang biasanya hasil dari kegiatan manusia. Karbon monoksida, sulfur dioksida, dan nitrogen oksida diproduksi oleh industri dan kendaraan bermotor, ini adalah jenis polusi udara yang umum.

Umumnya, sumber utama polusi udara ialah emisi kendaraan bermotor, walau telah banyak ditemukan sumber-sumber polusi udara lainnya yang telah membuat masalah ini semakin berkembang.

Penyebab utama polusi termasuk pabrik kimia, pembangkit listrik tenaga batu bara, penyaringan minyak, aktivitas pembuangan sampah nuklir, pabrik PVC, pabrik yang memproduksi metal, pabrik plastik, dan industri berat lainnya.

Berbagai polutan dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker, lupus, penyakit ketahanan tubuh, alergi, dan asma. Kualitas udara yang buruk dapat membunuh banyak organisme, termasuk manusia. Emisi kendaraan bermotor ialah satu dari penyebab utama polusi udara. Polusi ozon dapat menyebabkan penyakit pernafasan, penyakit kardiovaskular, inflamasi tenggorokan, sakit dada, dan berbagai penyumbatan.

Polusi suara dapat menyebabkan kehilangan kemampuan pendengaran, meningkatnya tekanan darah, stress, dan gangguan tidur.

Sepuluh jenis polusi yang perlu diketahui:
1. Polusi udara
2. Polusi cahaya (terlalu terang hingga menganggu proses pengamatan astronomi pengamatan bintang (seperti di film Iqra’)
3. Menyampah sembarangan
4. Polusi suara (termasuk suara kereta api, biting pesawat, suara bising industri)
5. Polusi tanah (terjadi apabila ada pelepasan zat kimia melalui kebocoran bawah tanah, atau rembesan. Termasuk hidrokarbon, zat metal berat, pestisida, herbicida)
6. Kontaminasi radioaktif. Merupakan sisa-sisa dari ativistas abad ke-20, contohnya riset senjata nuklir, pembuatan dan  peluncuran nuklir).
7. Polusi panas. Adalah perubahan temperatur air alami, yang merupakan efek dari ativistas manusia, seperti penggunaan air sebagai pendingin di pembangkit listrik.
8. Polusi visual. Bisa termasuk kehadiran bilboards, pembuangan sampah yang terbuka, sampah yang berserakan di orbit, kabel listrik.
9. Polusi air. Bisa didapat dari pembuangan comercial ataupun sisa industri (sengaja maupun tidak sengaja) ke air permukaan. Air limbah yang tidak diolah, pembuangan sampah.
10. Polusi plastik. Termasuk akumulasi produk plastik di lingkungan yang secara buruk mempengaruhi kehidupan satwa liar, habitatnya, maupun manusia.

Bandung, sudah bebas dari polusi apa saja?

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Pollution . 25Mei2017.

(LH)
Polusi 25 Mei 2017 Reviewed by Ipah Abiba on 00.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.