Bahaya Kantung Plastik Hitam Terhadap Daging Qurban


Pksbandungkota.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat untuk menghindari penggunaan kantong plastik hitam sebagai tempat untuk membungkus daging kurban.
"Bahan daur ulang yang digunakan sebagai pembuatan kantong plastik hitam tidak jelas dari limbah atau apa sehingga kebersihannya tidak terjamin," kata anggota Seksi Sertivikasi dan Layanan Konsumen BPOM Kalteng, Yani Ardiyanti di Palangka Raya.
Yani mengatakan bahan pembuatan kantong plastik hitam tersebut di antaranya juga memiliki kandungan logam berat seperti timbal (Pb) yang sangat berbahaya bagi kesehatan.
Timbal yang terkandung dalam kantong plastik hitam dapat dengan mudah berpindah ke makanan, terlebih jika makanan dalam keadaan panas.
"Plastik hitam punya karakter sendiri dan zat berbahaya itu bisa berpindah pada makanan yang bersentuhan langsung. Khususnya untuk makanan panas termasuk juga daging," katanya.
Ia mengatakan, jika masyarakat dalam jangka panjang mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi timbal tersebut maka dapat menyebabkan kanker.
Untuk itu, masyarakat jika akan menggunakan kantong plastik sebagai kemasan makanan, lebih baik menggunakan kantong plastik yang transparan.
Bagaimana pembaca setia? Segera ganti kantong plastik untuk daging qurban tahun ini sebelum terlambat. (Ipah)

Sumber : http://m.liputan6.com/health/read/2324658/bahaya-pakai-kantong-plastik-hitam-untuk-daging-kurban

Posting Komentar

0 Komentar