Netty Heryawan Ajak Konsumsi Pangan Lokal



BANDUNG -- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan memberi pengarahan pada Acara Sosialisasi Festival Keanekaragamanan Makanan Berbahan Baku Lokal Tahun 2015 di Gedung Lelang Komoditi Agro Bandung, Rabu (21/5). Sosialisasi Festival Keanekaragamanan Makanan Berbahan Baku Lokal Tahun 2015 ini diselenggarakan atas kerjasama Dinas Perindustrian dan perdagangan Jawa Barat dengan Indonesian Chef Association.

Dalam arahannya, Netty mengatakan Festival ini harus dimaknai sebagai perjuangan dalam mempertahankan bahan pangan lokal. Saat ini pangan yang dikonsumsi Indonesia mengalami kerawanan karena berasal dari negara lain, seperti halnya terigu dan beras yang masih impor.

“Padahal, masih banyak bahan pangan lainnya yang dapat dikonsumsi seperti singkong, ubi bahkan kacang-kacangan,” tuturnya.

Untuk itu, Netty mengajak seluruh peserta yang terdiri dari PKK, pelajar dan mahasiswa untuk melakukan proses ideologisasi konsumsi pangan yang ada. Dengan kata lain mengganti nasi sebagai sumber karbohidrat utama dengan tanaman pangan sumber karbohidrat lain. 

"Sehingga dari segi politis, kita dapat membantu pemerintah untuk menekan angka import pangan yang dapat digunakan untuk kesehatan contohnya," tandas Netty. 

Festival Keanekaragamanan Makanan Berbahan Baku Lokal Tahun 2015 akan dilaksanakan pada tanggal 30 – 31 Mei 2015 di Mall Cihampelas Walk. Makanan yang akan dilombakan yaitu berupa cookies, chips, cake/bolu, desert, main couse dan minuman yang berbahan baku cereal dan kacang-kacangan. Selain itu juga akan dibuat tumpeng setinggi 1 M berwarna pelangi yang pewarnanya terbuat dari kacang-kacangan serta cookies dan cake berbentuk Surili.

Posting Komentar

0 Komentar