Mulok Pendidikan Persampahan, Oleh-oleh Emil dari Jepang


Bandung bersih dari sampah
PKS Kota Bandung - Bandung bersih dari sampah

Walikota Bandung Ridwan Kamil baru saja pulang dari kunjungannya ke Jepang. Apa yang dilakukannya disana rupanya berkaitan dengan agenda Bandung bersih dari sampah. Tak pulang dengan tangan kosong, Emil membawa oleh-oleh pendidikan olah sampah dari Pemerintah Jepang.

Seperti yang selalu didengungkan Ridwan Kamil, pengelolaan sampah dewasa ini tidak bisa berhenti pada perilaku membuang sampah pada tempatnya. Lebih dari itu, kesadaran mengelola sampah harus berkembang pada gaya hidup bersih dan pemilahan sampah. Tak hanya orang dewasa, perilaku ini menurutnya harus dibiasakan sejak usia dini, sejak masa kanak-kanak.

Untuk itulah pria yang terkenal sebagai ahli tata kota ini berencana mengadopsi konsep tata kelola sampah yang diterapkan Jepang. Mengapa harus Jepang? Rupanya karena disana, pendidikan kelola sampah sudah masuk ke dalam kurikulum pendidikan formal. Untuk Bandung, Emil berencana memasukkan pendidikan kelola sampah ini di muatan lokal (mulok) kota Bandung.

Rencananya program ini akan dimulai dengan pelatihan guru oleh Kementrian Lingkungan Hidup Jepang selama satu semester, dilanjutkan dengan penerapannya dalam muatan lokal di semester selanjutnya. (RD)

Posting Komentar

0 Komentar