Top Ad unit 728 × 90

Waspada Kebakaran





Posting berita terbaru di akun @diskar_bdg milik Dinas Kebakaran Bandung langsung di re tweet antara lain oleh akun @OdedMD milik Wakil Walikota Bandung, Oded M Danial tentang kebakaran yang melanda jl.Logam no 3 Bandung yang terjadi tanggal 10 Oktober kemarin. Masih dalam bulan yang sama, tepat tanggal 04 Oktober 2014, terjadi kebakaran dahsyat yang menghanguskan Kantor Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat yang terletak di jl.Soekarno Hatta Bandung. Untuk kebakaran kantor Pikiran Rakyat ini tak kurang milyaran rupiah kerugian akibat yang ditimbulkan. Hingga tulisan ini diturunkan belum diketahui penyebab kebakaran.

Biarlah perkara penyebab kebakaran wilayah Kepolisian yang menuntaskan,  Penulis ingin menyajikan apa saja yang perlu diwaspadai agar tak terjadi kebakaran, diluar bencana kebakaran yang disebabkan oleh fenomena alam. Tujuan tulisan ini tentunya untuk mencegah kebakaran yang disebabkan faktor manusia.

Disebutkan dalam pemadamapi.WordPress.com, pada umumnya penyebab kebakaran dan peledakan bersumber pada 3 faktor.

1. Faktor Manusia.
  - Pekerja.
    Kurang disiplin, salah tindakan, dll.
  - Pengelola.
    Minim pengawasan, minim perhatian terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

2. Faktor Tehnis.
  - Peningkatan suhu ruangan.
  - Penyimpanan bahan kimia tidak sesuai petunjuk.
  - Listrik, hubungan arus pendek / korsleting.

3. Faktor Alam.
  - Petir, gunung meletus, gempa bumi, dsb.

Jika faktor alam yang jadi pencetus kebakaran, manusia tak mampu menahan, kecuali meminimalisir kerugian akibat yang ditimbulkan seperti memonitor gunung berapi, agar bisa dideteksi kapan saat meletu, sehingga tepat kapan harus mengevakuasi penduduk sekitarnya. Beda jika faktor tehnis apalagi faktor manusia, kebakaran bisa dihindari jika semua berjalan sesuai petunjuk dan aturan termasuk budaya hidup masyarakat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akhir akhir ini makin sibuk bekerja akibat musim kemarau yang melanda. Hutan terbakar merambak luas sulit dikendalikan,  belum terhitung ancaman kebakaran yang disebabkan letusan gunung berapi. Kerugian negara akibat kebakaran yang disebabkan bencana alam tak dapat dihindarkan, termasuk sisi korban yang perlu penanggulangan.
Beda dengan bencana kebakaran  akibat human error. Tak jarang dimuat berita kebakaran dengan skala luas areanya gara gara ulah perokok yang membuang puntung seenaknya, atau kebakaran yang disebabkan kompor bahkan gas yang meledak. Paling sering berita kebakaran akibat sambungan pendek arus listrik. Demikian juga tempat usaha / pabrik yang tak mengindahkan standard Keselamatan Kesehatan Kerja mudah untuk terjadi kebakaran tempat usahanya.

Seharusnya bencana kebakaran akan bisa dihindari sejauh diketahui dan dihindari penyebabnya. Perlu terus disosialisasikan bahaya  pemasangan stop kontak ganda, pemasangan dan pemeriksaan regulator gas yang benar, tak kalah penting budaya membuang puntung rokok pada tempatnya dan masih banyak lagi yang masyarakat perlu tahu dan waspadai. Mari mulai dari diri sendiri. ( Frieda )
Waspada Kebakaran Reviewed by Ipah Abiba on 11.44 Rating: 5
All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.