Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy
Rusmawan mendorong Perumda Tirtawening untuk mengevaluasi penyesuaian tarif
yang ditetapkan berdasarkan Perwal nomer 270 tahun 2013 tentang penyesuaian
tarif pelayanan air minum dan air limbah Perumda Tirtawening Kota Bandung.
Tedy Rusmawan |
Hal tersebut diungkapkan politisi Partai Keadilan Sejahtera itu usai mendengar keluhan dari para pelanggan Perumda Tirtawening Kota Bandung akhir-akhir ini.
"Berdasarkan laporan dan
pantauan langsung banyak pelanggan yang merasa keberatan dengan penyesuaian
tarif Perumda Tirtawening Kota Bandung. Bahkan saya pun pernah menanyakan bahwa
kenaikan tarif 30-40 persen. Namun, ada pelanggan Perumda Tirtawening yang
memberikan informasi kenaikan sampai 3-4 kali lipat. Bila benar naik 3-4 kali
lipat, kami mendorong Perumda Tirtawening Kota Bandung untuk menurunkan tarif
yang memberatkan. Tentunya ini perlu dikomunikasikan dengan baik agar tidak
terjadi permasalahan di lapangan," kata Tedy.
Apabila benar penyesuaian tarif
sebesar 3 kali lipat dari tarif sebelumnya, Tedy menegaskan, Perumda
Tirtawening Kota Bandung harus segera menurunkan tarif sesuai informasi awal
yakni 40 persen dari tarif sebelumnya.
"Kalau kenaikan benar sampai
3 kali lipat. tentu kami minta tarif diturunkan agar tidak membebani
masyarakat," kata Tedy.
Tedy pun meminta Perumda
Tirtawening Kota Bandung untuk menyelesaikan beberapa keluhan yang disampaikan
masyarakat kepada DPRD Kota Bandung terkait penyesuain tarif ini. Untuk itu,
Tedy pun berharap para pelanggan yang memiliki keluhan harap mencantumkan data
lengkap seperti ID pelanggan ketika menyampaikan keluhan kepada Perumda
Tirtawening Kota Bandung.
"Harus sesegera mungkin
diselesaikan agar masalah ini tidak terus berkelanjutan. Jadi bila ada
pelanggan yang merasa dirugikan atau tagihan yang terlalu besar. Kami sarankan
sebelum ke kantor Perumda Tirtawening Kota Bandung dipersiapkan dulu data-data
agar memudahkan petugas dalam mengatasi keluhan yang dialami oleh pelanggan.”
Tidak hanya itu, Tedy pun
berharap pelayanan Perumda Tirtawening Kota Bandung kepada
para pelanggan terus ditingkatkan.
"Tentunya pelayanan wajib ditingkatkan
oleh Perumda Tirtawening Kota Bandung. Karena banyak pelanggan
yang menyampaikan terkadang air dari Perumda Tirtawening pada
malam hari. Sementara pagi dan siang hari tidak ada. Jadi semoga jadi bahan
evaluasi juga," tambahnya.
Ahmad Farid Fakhrullah
0 Komentar