Pelayanan Belum Maksimal, Turunkan Tarif Air Bersih yang Memberatkan

 

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mendorong Perumda Tirtawening untuk mengevaluasi penyesuaian tarif yang ditetapkan berdasarkan Perwal nomer 270 tahun 2013 tentang penyesuaian tarif pelayanan air minum dan air limbah Perumda Tirtawening Kota Bandung.

Tedy Rusmawan

Hal tersebut diungkapkan politisi Partai Keadilan Sejahtera itu usai mendengar keluhan dari para pelanggan Perumda Tirtawening Kota Bandung akhir-akhir ini.

"Berdasarkan laporan dan pantauan langsung banyak pelanggan yang merasa keberatan dengan penyesuaian tarif Perumda Tirtawening Kota Bandung. Bahkan saya pun pernah menanyakan bahwa kenaikan tarif 30-40 persen. Namun, ada pelanggan Perumda Tirtawening yang memberikan informasi kenaikan sampai 3-4 kali lipat. Bila benar naik 3-4 kali lipat, kami mendorong Perumda Tirtawening Kota Bandung untuk menurunkan tarif yang memberatkan. Tentunya ini perlu dikomunikasikan dengan baik agar tidak terjadi permasalahan di lapangan," kata Tedy.

Apabila benar penyesuaian tarif sebesar 3 kali lipat dari tarif sebelumnya, Tedy menegaskan, Perumda Tirtawening Kota Bandung harus segera menurunkan tarif sesuai informasi awal yakni 40 persen dari tarif sebelumnya.

"Kalau kenaikan benar sampai 3 kali lipat. tentu kami minta tarif diturunkan agar tidak membebani masyarakat," kata Tedy.

Tedy pun meminta Perumda Tirtawening Kota Bandung untuk menyelesaikan beberapa keluhan yang disampaikan masyarakat kepada DPRD Kota Bandung terkait penyesuain tarif ini. Untuk itu, Tedy pun berharap para pelanggan yang memiliki keluhan harap mencantumkan data lengkap seperti ID pelanggan ketika menyampaikan keluhan kepada Perumda Tirtawening Kota Bandung.

"Harus sesegera mungkin diselesaikan agar masalah ini tidak terus berkelanjutan. Jadi bila ada pelanggan yang merasa dirugikan atau tagihan yang terlalu besar. Kami sarankan sebelum ke kantor Perumda Tirtawening Kota Bandung dipersiapkan dulu data-data agar memudahkan petugas dalam mengatasi keluhan yang dialami oleh pelanggan.”

Tidak hanya itu, Tedy pun berharap pelayanan Perumda Tirtawening Kota Bandung kepada para pelanggan terus ditingkatkan.

"Tentunya pelayanan wajib ditingkatkan oleh Perumda Tirtawening Kota Bandung. Karena banyak pelanggan yang menyampaikan terkadang air dari Perumda Tirtawening pada malam hari. Sementara pagi dan siang hari tidak ada. Jadi semoga jadi bahan evaluasi juga," tambahnya.

 

 

Ahmad Farid Fakhrullah

Posting Komentar

0 Komentar