Top Ad unit 728 × 90

MENSUCIKAN JIWA

google


"Sebagaimana Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan al-Kitab dan hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui. " (al-Baqarah: 151)

"Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu dan
sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya." (asy-Syams: 9-10)

“Dan mereka tidak disuruh kecuali supaya beribadah kepada Allah dengan memurnikan dien (agama)kepada-Nya ,lagi bersikap lurus.” (Qs:Al-Bayyinah:5)


Sahabat - sahabat semua, jika kita perhatikan dan tadaburi ayat-ayat diatas, Allah senantiasa mengajarkan kepada kita mengenai induk ibadah lainnya yang sangat penting dalam kehidupan kita yaitu untuk senantiasa menyucikan jiwa.
Karena begitu pentingnya "menyucikan jiwa" ini kita dapat melihat bagaimana Rasulullah dan para sahabat senantiasa mengajarkan kita untuk senantiasa meluruskan niat dan mengikhlaskan setiap aktivitas untuk Allah semata.
Begitu pun dengan beberapa ulama terdahulu menekankannya.
Syufyan Ats-Tsauri berkata “Saya tidak pernah mengobati sesuatu melebihi terapiku terhadap niat”.
Suhail pernah ditanya tentang sesuatu yang paling berat bagi dirinya. Ia menjawab “Ikhlas, sebab dengan ikhlas, diri tidak mendapatkan bagian dari apa yang dikerjakan sama sekali.”
Beberapa ulama pernah berkata“ Bagi orang yang suka beramal mengikhlaskan niat jauh lebih sulit dari pada melakukan seluruh aktivitas”.

Dalam dakwah, akan terlihat bahwa seorang dai yang ikhlas akan merasa senang jika kebaikan terealisasi di tangan saudaranya sesama dai, sebagaimana dia juga merasa senang jika terlaksana oleh tangannya.
Para dai yang ikhlas akan menyadari kelemahan dan kekurangannya. Oleh karena itu mereka senantiasa membangun amal jama’i dalam dakwahnya. Senantiasa menghidupkan syuro dan mengokohkan perangkat dan sistem dakwah. Berdakwah untuk kemuliaan Islam dan umat Islam, bukan untuk meraih popularitas dan membesarkan diri atau lembaganya semata.
Begitu pula dengan kita Ikhwahfillah, Mari senantiasa menjadi dai - dai pejuang Quran yang senantiasa "menyucikan jiwa" kita dengan menjaga meluruskan niat dan menjaga keiklhasan disetiap aktivitas kita hanya untuk Allah semata.
Allahu 'Alam (Icha)
MENSUCIKAN JIWA Reviewed by Ipah Abiba on 21.24 Rating: 5

1 komentar:

  1. SILAHKAN BELAJAR ISLAM DI Video Channel Islam :

    VIDEO KISAH MUALLAF DUNIA :
    https://www.youtube.com/user/DuniaMuallaf/videos

    DIALOG DAMAI ISLAM - KRISTEN DR. ZAKIR NAIK :
    https://www.youtube.com/channel/UCiMXLMY-X9hiFJWM76TyRKw/videos

    VIDEO KRISTOLOGI UNTUK MENGHADAPI KRISTENISASI :
    https://www.youtube.com/user/kristensebenarnya/videos

    Info Muallaf Dunia :
    http://duniamuallaf.blogspot.com/

    Penting Untuk Muslimah : "Info Tentang Jilbab Syari" :
    http://ayo-berjilbab.blogspot.com/

    [Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala orang yang mengerjakannya. (HR. Muslim no. 1893)]

    [Apabila manusia meninggal dunia, terputuslah segala amalnya KECUALI TIGA PERKARA : Shadaqah Jariyah, Ilmu Yang Bermanfaat, Anak Sholih Yang Mendoakan]

    BalasHapus

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.