Anis Matta :"Tahun 2014, Kita Memasuki Gelombang Ke-3"

Menuju 2014 ini penting bagi bangsa kita krn kita akan memasuki Gelombang ke-3 dalam sejarah Indonesia.. Saya membagi sejarah Indonesia menjadi 3 gelombang besar.. Berdasarkan tonggak sejarah..

Gelombang pertama.. terjadi sejak penjajahan sampai merdeka.. Geombangl I ini namanya "menjadi Indonesia".. Gelombang pertama ini adalah perubahan cara berpikir pendiri bangsa.. Suku dan kerajaan tdk cukup utk menghadapi imperialisme.. Pada Gelombnag 1 ini kita "memutuskan" untuk menjadi bangsa yang satu.. Mengatasi ikatan primordialisme.. Drive terbesar gelombang ini adalah pencarian identitas baru.. Lepas dari identitas sebagai yang terjajah.. Transformasi sosial yang terjadi adalah dari etnis menjadi bangsa.. di politik, kerajaan menjadi negara.. Nilai utama pada gelombang 1 ini adalah : solidaritas, gotong royong, dan persatuan nasional.. Output dari gelombang ini adalah : kemerdekaan, identitas sosial-politik baru, wilayah dan bahasa. Puncak dari gelombang ini adalah PROKLAMASI kemerdekaan 17 Agustus 1945

Setelah merdeka, kita memasuki Gelombang Kedua.. "Menjadi Negara Bangsa Modern".. Semangat gelombang kedua ini adalah "mencari sistem ekonomi dan politik yang kompatibel sesuai sejarah dan budaya".. Nilai-nilai yang mewarnai gelombang kedua adalah : konflik dan kompetisi, serta conformity kepada modernitas.. Pencapaian terbesar gelombang 2 adalah konstitusi modern UUD 1945 pada masa Orde Lama.. Pencapaian di Order baru adalah penguatan lembaga negara (dan pasar).. Di Orde Lama, ada kebebasan tapi tak ada kesejahteraan.. Sebaliknya di Orba, ada pembangunan tapi tak ada kebebasan.. Akhirnya reformasi sebagai sintesis dari tarik-menarik itu.. Reformasi hasilkan ekuilibrium baru.. Keseimbangan baru yang paling penting adalah relasi antara agama dan negara.. Ekuilibrium lain adalah : keseimbangan demokrasi dan pembangunan; pusat dan daerah.. Ekuilibrium baru terbangun antara negara, pasar dan masyarakat sipil.. 2014 adalah penghujung gelombang kedua.. kita siap-siap masuk ke-3

Pada Gelombang ke-3 ada 5 ciri : 
  1) Masyarakat kelas menengah yang condong berusia muda.. di bawah 45 tahun.. 
  2) kelas menengah ini berpendidikan cukup tinggi.
  3) kesejahteraan yang membaik.. Indonesia masuk pendapatan per kapita USD3.000.. Oleh @yuswohady fenomena ini disebut C3000 . Kelas menengah ini "well connected" melalui internet dan social media..

Pada Gelombang ke-3 ini kita menyaksikan lahirnya "native democrazy".. Mereka yang sejak lahirnya hanya mengenal demokrasi.. Pemilih pemula pada pemilu 2014 lhr pd '92-'97..Mereka tidak punya referensi suasana otoriter Orba.. Meraka anggap Demokrsi itu "given". "Native Democracy" spt anak kita skrg yg jago ngoprek fitur2 smartphone.. Sementara yang tua-tua, seperti saya,cuma pakai fitur basic..

Gelombang ke-3 memberi tantangan kpd negara, krn hirarki dan otoritas hilang.. komunitas menguat.. individu bergandengan tangan.. Gelombang ke-3 ini titik bertemunya dividen demografi dan demokrasi, Indonesia harus bisa lompat ke kemajuan.. Nilai baru Gelombang ke-3 adalah kualitas hidup.. kesejahteraan diburu, tapi bukan yg utama.. ia pembentuk kualitas hidup.. Nilai lain Gelombang ke-3 adalah melampaui individualisme.. Achievement individu untuk kebaikan bersama.. berbagi jadi penting..

Jargon Gelombang ke-3 adalah Society First!! Orientasi kemanusiaan jadi utama.. Saya optimis terhadap Indonesia di Gelombang ke-3.. Mengapa? 
1) Masyarakat akan jadi panglima.. bukan politik atau ekonomi..
Perubahan demografi dan budaya yg mendorong kemajuan.. Angkatan kerja produktif banyak.. budaya kolaborasi.. Masyarakat Indonesia baru yang bersendikan : Agama, Pengetahuan, dan Kesejahteraan. Agenda terbesar Gelombang ke-3 adalah transformasi RI dari entitas politik menjadi entitas peradaban.. Untuk itu kita butuh strategi kebudayaan baru, mindset baru dan cara pandang terhadap masalah yg baru pula. Karena pada saat yg sama, makna citizenship berubah.. individu bukan lagi warga negara, tapi warga planet.. Strategi kebudayaan baru diperlukan agar RI tidak hanya terintegrasi pada dunia, tp juga berperan.. RI harus menjadi kekuatan arus utama agar ikut menata ulang masalah umat manusia di bumi.. Kita yakin akan masa depan Indonesia.. Indonesia akan sejahtera dan maju, bahkan berperan di dunia. Karena itu kita tak perlu menjual kecemasan untuk menggaet hati rakyat.. Sebarkan optimisme..

Selamat tahun baru 2014.. Selamat datang Gelombang ke-3!!! Indonesia adil dan sejahtera cita-cita kita..




Posting Komentar

0 Komentar