Top Ad unit 728 × 90

Tahapan Pemilihan Gubenur Jabar 2013 Resmi Dimulai

Peluncuran tahapan Pilgub Jabar (Foto: Okezone/Iman Herdiana)

Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 resmi dimulai hari ini. Tahapan pesta demokrasi terbesar di Jabar itu diluncurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar di Gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jabar, Jalan Diponegoro, Bandung.
 
Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, mengatakan, Pilgub Jabar akan dilaksanakan pada 24 Februari 2013 bersamaan dengan tiga pemilukada tingkat kabupaten/kota, yakni Kabupaten Sumedang, Kota Sukabumi, dan Kota Cirebon.

Dia menyebut, Pilgub Jabar sebagai momentum besar ketiga setelah pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. “Kami sebagai penyelenggara berharap dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat Jabar,” ujarnya saat memberi sambutan, Rabu (5/9/2012).

Pilgub Jabar perlu anggaran yang sangat besar mengingat provinsi ini sangat luas dan memiliki penduduk terbanyak. Seperti diketahui, Pilgub Jabar memerlukan biaya lebih dari Rp1 triliun. Untuk itu, siapa pun yang akan mengikuti pemilu, baik calon maupun partisipan, harus taat terhadap mekanisme dan aturan yang berlangsung.

“Hajat pilgub sangat besar, tentunya beban ini tidak bisa disandarkan kepada penyelenggara pemilu saja (KPU), tetapi perlu dukungan semua pihak,” ujarnya.

Tahapan persiapan Pilgub Jabar sudah dimulai sejak akhir Juli sampai akhir Agustus 2012, di antaranya perekrutan PPK dan PPS.

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, yang hadir dalam kesempatan itu, menyatakan, sejauh ini persiapan tahapan Pilgub Jabar berlangsung lancar.

“Semua tahapan memang bagus mulus 100 persen tidak ada apa-apa. Tahapan pertama dimulai hari ini,” kata Heryawan.

Dalam peluncuran tahapan pemilu, KPU Jabar juga memperkenalkan maskot baru, yakni si Kasep dan di Geulis, dua boneka dengan bentuk mirip Gedung Sate. Dua maskot itu sebagai simbol pelaksanaan pemilu yang sehat dan bersih.

Dalam seremoni yang dihadiri sekira 1.000 tamu itu, juga tampak Komisioner KPU Pusat Ferry Kurnia Rizkiansyah, Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanegara, Wali Kota Bandung Dada Rosada, serta tokoh-tokoh partai politik dan muspida se-Jabar.
(ton) [bandung.okezone.com]
Tahapan Pemilihan Gubenur Jabar 2013 Resmi Dimulai Reviewed by PKS Bandung on 18.56 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.