Perjuangan Tim Tabulasi PKS Kawal Suara Rakyat



Pelaksanaan pemilu terkadang hanya berfokus pada aktor yang sering tampil di muka umum, baik para calon anggota legislatif atau kepala pemerintahan yang akan dipilih, maupun petugas pelaksana dan pengawas pemilu. 

Nyatanya ada peran dari Tim Tabulasi yang tugasnya tidak kalah penting dalam pelaksanaan proses penghitungan suara dari TPS menuju jenjang berikutnya baik di tingkat PPS, PPK, dan KPUD. 

Tim Tabulasi bertugas untuk menghimpun data suara yang diperoleh dari salinan formulir C.Hasil yang diberikan oleh KPPS kepada saksi dari tiap-tiap TPS. 

Tim ini akan menyalin data-data yang tercantum pada formulir tersebut guna menghindari terjadinya kecurangan dan penyelewengan suara oleh oknum di tiap-tiap jenjang rekapitulasi suara.

Meskipun terdengar mudah, pada kenyataannya Tim Tabulasi harus rela begadang berhari-hari pasca pelaksanaan pemilu untuk melakukan input data suara dari puluhan TPS di tiap-tiap kelurahan. 

Tim Tabulasi juga dituntut untuk berkerja secara cepat namun tetap akurat sesuai data yang tertera pada formulir C.Hasil.


Melihat bagaimana kerja keras Tim Tabulasi yang berjuang keras untuk menjaga suara rakyat, sudah sepantasnya pelaksana pemilu yang lain juga berjuang dengan perjuangan yang sama untuk menjaga suara rakyat demi tegaknya nilai-nilai demokrasi pada pemilihan umum tahun ini.

Jangan sampai, perjuangan dan keringat dari orang-orang yang berkerja keras untuk mengawal suara rakyat demi tegaknya demokrasi ini dicederai dengan tindakan-tindakan tak etis oleh oknum penyelenggara pemilu ataupun peserta pemilu.


(Mr RF)


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Mohon koreksi ulang untuk kel. kujangsari TPS 030 hasil yang tertera (01)88 (02)177 (03)23 pada HASIL HITUNG SUARA PEMILU PRESIDEN & WAKIL PRESIDEN RI 2024 tapi pada Form Pindai C Hasil ada perbedaan, demikian maaf bila salah menyampaikan

    BalasHapus
  2. info di https://pemilu2024.kpu.go.id/pilpres/hitung-suara/32/3273/327321/3273211004

    BalasHapus