Ketua DPRD Kota Bandung Dorong Sinergi Sister City Terkait Lapangan Kerja

 

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mendorong agar bersinerginya Kota Bandung, Jawa Barat, dalam program sister city terkait penempatan dan lapangan pekerjaan.

H. Tedy Rusmawan

Dengan demikian, lapangan pekerjaan yang tersedia semakin bertambah bagi masyarakat Kota Bandung. Selain itu, ini merupakan kesempatan bagi kalangan muda Kota Bandung menambah pengalaman dan kesempatan kerja dengan sister city.

“Kedepannya saya dorong agar salah satu komitmen dalam sister city, salah satunya terkait lapangan pekerjaan atau tenaga kerja,” ungkapnya.

Sebagai informasi, kota-kota yang telah menjadi sister city dengan Kota Bandung, di antaranya Forthworth (USA), Liuzhou (RRC), Hamamatsu (Jepang), Seoul (Republik Korea Selatan). Kemudian Nammur (Belgia), Toyota City (Jepang), Cotabato (Filipina), Cuenca (Equador) dan lain sebagainya.

“Jadi ini bisa jadi kesempatan bagi anak muda Kota Bandung untuk menyebar di berbagai belahan dunia. Ini jadi bagian dari value sister city,” ujar Politisi PKS tersebut.

Ia menjelaskan, di Kota Bandung saat ini terdapat sekitar 137 ribu orang pencari kerja. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap dengan adanya job fair tersebut, maka dapat semakin mengurangi angka pengangguran di Kota Bandung. Pada event tersebut, tersedia 4.700 lowongan pekerjaan.

Mengingat pada akhir tahun 2022, sekitar 9,5 persen atau 137 ribu orang yang memerlukan pekerjaan. Target pada tahun 2023, paling tidak adanya penurunan di angka 8,7 persen untuk angka pengangguran.

Ia mengharapkan bursa lapangan kerja tersebut mampu menyerap 2.300 pelamar atau 50 persen dari total pembukaan lowongan kerja 4.700 lowongan dari 40 perusahaan.

 



Ahmad Farid Fakhrullah

Posting Komentar

0 Komentar