Senbud PKS Bandung Kenalkan Membatik dengan Teknik Lilin Dingin

Pelatihan Membatik dengan Lilin Dingin


Bidang Seni budaya (Senbud) PKS Kota Bandung bekerja sama dengan Anggota Komisi X DPR RI, Ibu Ledia Hanifa Amaliah mengadakan kegiatan Pelatihan Membatik dengan Teknik Lilin Dingin di Aula DPD PKS Kota Bandung (23/07).

Peserta pelatihan berfoto bersama dengan hasil karya masing-masing. 


Mengahadirkan Kang Tono (Susentono), seniman yang mengetuai Sanggar Olah Seni SOS) yang berlokasi di hutan kota Babakan Siliwangi, Bandung. Pelatihan yang dibuka untuk umum ini dibatasi hanya untuk 40 orang peserta dan kuota terisi penuh sebelum pendaftaran ditutup.

Kang Tono mengajarkan teknik membatik lilin dingin. 


Peserta pelatihan mendapatkan fasilitas berupa alat praktik yang kemudian para peserta dibebaskan untuk berkreasi masing-masing.

Peserta membatik mengeringkan lilin dingin menggunakan pengering rambut. 

Peserta melukis pola batik yang telah dibuat menggunakan lilin dingin. 



Beberapa keunggulan membatik dengan lilin dingin yaitu tidak perlu repot menggunakan kompor juga dapat mengurangi limbah cair dari proses pencelupan dan pewarnaan. Sedangkan kekurangannya, tutur Kang Tono, garis gambar akan sulit setipis yang bisa dibuat dengan canting lilin malam panas.

Bu Ledia Hanifa Amaliah mengikuti proses membatik. 

Ekspresi peserta saat membatik.


Dengan pelatihan ini PKS berharap peserta dapat memanfaatkan ilmu membatik dengan lilin dingin menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi sehingga dapat menjadi sumber penghasilan sampingan atau sumber penghasilan utama bagi keluarga.

Posting Komentar

0 Komentar