Iwan Hermawan : Sosok Ayah yang Seperti Kawan

Menjelang hari Ayah Nasional, mari kita kenal lebih dekat dengan salah satu Anggota Dewan Fraksi PKS Kota Bandung yaitu Iwan Hermawan atau biasa dipanggil pak Iher.


Melalui sang istri, Mary Ameriawaty alias Teh Mary. Dalam sistem pendidikan yang dipakai adalah learning by doing karena orang tua sampai kapanpun harus mau terus belajar mengingat zaman terus berubah maka orang tua perlu beradaptasi. Namun sejak awal menikah, ada dua hal yang menjadi fokus Pak Iher dan Teh Mary yaitu Pendidikan karakter dan komunikasi.

Komunikasi adalah kunci bagi bisa saling memahami satu sama lain antara orang tua dan anak. Dengan membuat grup Whatsapp adalah salah satu ikhtiar yang dilakukan dan setiap memahamkan sesuatu pada anak-anak selalu memberikan Why nya agar tak komunikasi tak berbuah otoriter dimata anak-anak. Karena dengan memberikan pemahaman maka komunikasi akan semakin terbuka dan anak-anak tak merasakan jarak.

Apalagi dengan tanggung jawab  sekarang sebagai anggota dewan tentu saja ayah nya harus mau dibagi antara dengan  keluarga dan berkhidmat pada masyarakat.

Dalam memahamkan hal itu sebagai tim, sebagai orang tua mencoba untuk menjadwalkan *ngedate* bersama anak-anak. Untuk bisa mengetahui isi hati anak-anak lebih jauh. Dan perlu saling reminder antara suami istri karena terkadang ada sesuatu hal yang mungkin suami maka jangan sungkan istri mengingatkan apalagi terkait hal-hal yang dijanjikan kepada anak-anak.

Secara pergaulan dan hobi anak-anak. Sebagai orang tua membebaskan namun dengan syarat harus tetap berada pada koridor dan mengusahakan anak-anak terbuka dengan kesehariannya dan nyaman cerita dengan orang tua nya.


Ada masa dimana si bungsu meminta untuk pergi ke salah satu supermarket terdekat padahal kondisinya Pak Iher baru selesai rapat, meskipun ditengah lelah, beliau tetap berusaha menemani dan memenuhi keinginan sang buah hati agar tak merasa kehilangan ayahnya karena di luar rumah.

Untuk sosok seorang ayah, 3 kata yang tergambarkan tanggung jawab, penyayang dan jahil. Terkadang jahilnya ini yang membuat suasana menjadi cair dan menjadikan anak-anak mau untuk terbuka lebih apalagi di usia anak-anak yang dimasa pubertas.


DPD PKS Kota Bandung


Posting Komentar

0 Komentar