Sedekah Anti Mainstrem (Tanpa Uang)


Mungkin diantara kita masih ada yang berpikir bahwa sedekah itu mesti pake uang.
Padahal kan ngga ya.

Bahkan ada hadist yang menyebutkan bahwa senyum pun adalah sedekah.
Ternyata masih ada lagi sedekah-sedekah yang tanpa uang.

Anti-mainstream banget pokoknya.



Apa aja sih ?

Kita kaji yuk.

Ternyata

...

Berdasarkan kitab Jami'ul Ulum wal Hikam (2/59-67)
Sedekah atau shodaqoh dengan selain harta ada dua macam, yaitu :

1. Shodaqoh yang terdapat kebaikan bagi orang lain, dan seringkali shodaqoh yang ini lebih utama daripada shodaqoh dengan harta. Misalnya dengan amar ma'ruf nahi mungkar, ini adalah ajakan untuk ta'at kepada Allah dan mencegah maksiat kepada-Nya, keduanya lebih baik dari pada manfaatnya harta, begitu juga yang lebih baik daripada shodaqoh dengan harta adalah mengajarkan ilmu yang bermanfaat, mengajarkan baca Qur'an, menghilangkan duri dari jalan, melakukan hal yang bermanfaat bagi manusia, menolak kesulitan dari mereka dan berdo'a untuk muslimin serta istighfar untuk mereka.

Ibnu mudawaih menerbitkan dengan sanad yang ada kelemahan di dalamnya, dari ibnu umar secara marfu':"Barangsiapa yang mempunyai harta maka bersedekahlah dengan hartanya, barang siapa mempunyai kekuatan maka bersedekahlah dengan kekuatannya dan barang siapa mempunyai ilmu maka bersedekahlah dengan ilmunya."

2. Shodaqoh yang manfaatnya terbatas pada pelakunya, misalnya bermacam-macam dzikir, takbir, tasbih, tahmid, tahlil, istighfar dan berjalan menuju ke masjid, semuanya itu adalah sedekah dan kebanyakan amalan-amalan ini juga lebih utama daripada sedekah dengan harta.

Yuk kita sedekah

Jangan jadikan ga punya uang sebagai alasan kita untuk ga sedekah.



(Sita Nurhalimah)

Posting Komentar

0 Komentar