Inilah Kinerja Pariwisata di Bandung selama 2017


Suasana evaluasi wisata Kota Bandung
Laporan Evaluasi Kinerja dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) di tahun 2017 cukup memuaskan, terlihat dari capaian indikator berupa 3 simpul kreatif, 4 objek tradisi dilestarikan, kunjungan wisatawan sebanyak 6,960,522 wisatawan, dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 80.96. Untuk upaya pelestarian terdiri dari: 116 kegiatan pasanggiri dan festival seni budaya, 416 lingkung seni, dan 176 pertunjukan di ruang publik. 

Apa saja event unggulan Kota Bandung di tahun 2017? Seperti yang kita ketahui ada Bandung Lautan Api (BLA), Asian African Carnival, perayaan 17 agustus, Bandung Great Sale, Braga Culinary and Festival, Bandung Light Festival, dan Year End Festival. Jangan lupakan juga daya tarik wisata yang baru di Kota Bandung: China Town, Bandung Creative Hub, Kampung Cibunut, dan Pasir Kunci.
Di tahun 2018 kalender wisata dimulai di bulan Februari dengan Korean Festival, Bandung Lautan Api (BLA) di bulan Maret. Di bulan April akan lebih semarak dengan adanya Record Store Day, Bandung Mice Forum, Bukber on the street. Dan event paling meriah di bulan April ialah Asia Africa Week dengan rangkaian acara berupa: photo exhibition, youth conference, expo, asian african carnival, dan unity run. Bulan Juni merupakan bulannya pecinta musik tradisional karinding karena akan diadakan Konferensi Karinding Indonesia. 


Sementara di bulan Juli ada Bandung Blasting Rock Festival dan Bandung International Art Festival. Di bulan Agustus ada Bandung Haclathon dan Fun Run. Kembali menjunjung tinggi kecintaan terhadap budaya lokal di bulan September diadakan Rabaru Sunda, event tahunan yang ditunggu penggila belanja Bandung Great Sale and Fashion Weekend, serta Seni Bandung#2. Bandung Light Festival yang sukses di tahun 2017 juga akan kembali ada di tahun 2018. Pada penghujung tahun ada Angklung Bandung di bulan November dan Year End Festival di bulan Desember.
(Ishma) 

sumber endrizal nazar

Posting Komentar

0 Komentar