Top Ad unit 728 × 90

Halal dan Thoyib itu Wajib

Pksbandungkota.com - Makan memang sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Sehingga dewasa ini semakin banyak orang yang tidak lagi mempedulikan latar belakang makanan yang dikonsumsinya. Sementara dalam Islam urusan makanan ini amat sangat diperhatikan, beberapa dari kita pun sudah menyadarinya bahkan jauh lebih memahaminya. Tetapi amat sangat disayangkan ketika di lapangan lebih sering mengabaikannya. Beberapa hal dibawah ini akan mengingatkan kembali hal apa saja yang harus digarisbawahi dalam urusan makanan.

1. Wajib Banget Halal

Jangan sampai menyalahi aturan QS. Al-Maidah: 3, yang sudah mencantumkan dengan jelas hal-hal apa saja yang diharamkan. Terlebih lagi untuk urusan mencari makanan yang halal, saat ini sudah lebih dimudahkan dalam mencari produk halal dikarenakan adanya sertifikasi halal MUI. Selain itu perlu diperhatikan juga sumbernya, apakah didapat dari jalan yang halal?

2. Jangan Lupa kudu Thoyib

Karena makanan halal belum tentu thoyib, sementara yang thoyib sudah pasti halal. Sebagai contoh, makanan cepat saji (fastfood), banyak makanan cepat saji yang sudah mendapatkan sertifikat halal tetapi karena efek negatif dari seringnya memakan makanan tersebut menimbulkan penyakit degeneratif, maka masuk dalam kategori tidak thoyib. Tentang keharusan memakan makanan thoyib ini juga terdapat dalam QS. Al-Baqarah: 172.

3. Gak Berlebihan

Selain memang karena berlebihan (mubazir) itu merupakan sifat yang kurang baik, terlebih lagi dalam QS. Al-Isra 72 disebutkan sebagai saudara setan, jug dapat menjadi sumber penyakit. Banyak sekali penyakit-penyakit kronis yang bersumber dari berlebihan dalam mengkonsumsi makanan.

4. Kandungan Gizinya Harus Jelas

Makanan yang dikonsumsi pun harus memiliki kadar gizi yang baik, jika tidak maka makanan itu hanya akan menjadi sesuatu yang tidak berguna sehingga akan kembali lagi pada sifat berlebihan tadi. Selain itu ketika gizinya jelas maka akan memberi manfaat untuk tubuh kita tidak hanya sekadar numpang lewat atau bahkan tertimbun menjadi lemak.

5. Shaum

Shaum merupakan istirahat fisiologis menyeluruh bagi sistem pencernaan dan sistem syaraf pusat, menormalkan metabolisme tubuh, menurunkan kadar gula darah, mengikis kolesterol, detoksifikasi dan lain sebagainya.
Halal dan Thoyib itu Wajib Reviewed by Hafizhotunnisa Ishmatullah on 07.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.