Top Ad unit 728 × 90

Makna Perlombaan di Hari Kemerdekaan

Perlombaan kemerdekaam d KBB
Ketika 17 Agustus, Indonesia merayakan kemerdekaannya dengan berbagai hal, ada pemasangan bendera, upacara bendera, syukuran, dan perlombaan.

Perlombaannya beragam, ada lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang, gigit sendok, tarik tambang, dan banyak lagi kreativitas lomba lainnya yang diadakan masing-masing daerah.

Anak-anak sampai orang tua pun menantikan perlombaannya, baik sebagai peserta ataupun sekedar menjadi penonton.

Biasanya panitia membuat perlombaan itu dengan tujuan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dan menghibur masyarakat yang melihatnya. Namun sebenarnya di balik perlombaan itu semua, seharusnya ada banyak makna yang bisa kita ambil dalam kemerdekaan Indonesia yang sudah mencapai 71 tahun ini.

Dengan perlombaan itu sebaiknya membuat kita semakin cinta dengan Indonesia seperti halnya kita masih mengadakan perlombaan tradisional. Membuat kita semakin bersemangat untuk menjayakan Indonesia seperti halnya kita bersemangat memenangkan perlombaan. Membuat kita semakin kompak dan bekerjasama membangun Indonesia seperti halnya kita kompak dan bekerjasama ketika perlombaan. Membuat kita semakin mengenang pengorbanan para pahlawan seperti halnya kita mengingat pengorbanan kita untuk menang di perlombaan. Dan banyak makna lainnya yang bisa kita ambil dari perlombaan itu sehingga perlombaan itu tidak hanya menjadi ceremony semata.

Namun rakyat Indonesia terutama para pemuda, masih banyak yang belum bisa mengambil makna tersebut. Sehingga setelah perlombaan usai, para pemuda pun kembali dengan aktivitasnya yang sepertinya tidak peduli dengan Indonesia. Bahkan banyak para pemuda yang kembali merusak Indonesia, seperti pergaulan bebas, narkoba, dan sebagainya.

Untuk itu, dengan momen kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 tahun ini, mari kita ambil makna dari setiap perlombaan dan mari kita isi kemerdekaan Indonesia dengan hal-hal yang baik sehingga Indonesia tidak hanya merdeka dari penjajah tapi juga merdeka dari hal-hal yang merusak bangsa Indonesia.

Merdeka!! Merdeka!! (Wulan)
Makna Perlombaan di Hari Kemerdekaan Reviewed by Ipah Abiba on 15.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.