Top Ad unit 728 × 90

Yuria: Skor TOEFL Akhyar 640


Akhyar dan Ibunya, Yuria Prathiwi Cleopatra
Bakat dan minat, bukan sesuatu yang tak bisa mengalami perubahan dan perkembangan. Apalagi kepandaian dan prestasi, kedua hal tersebut merupakan hasil dari proses belajar dan pengujian. Namun demikian, dalam perjalanan perubahan dan perkembangan bakat dan minat, ataupun proses pencapaian kepandaian dan prestasi, faktor eksternal individu menjadi factor yang signifikan dan menentukan.

Bagi seorang anak, pola asuh dan dukungan orang tua sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan kepribadiannya. Adalah Akhyar Imaduddin Kamili, anak pertama dari 5 bersaudara dari pasangan Ibu Yuria Prathiwi Cleopatra dan Bapak Ismir Kamili, seorang remaja putra multitalenta dan berprestasi, yang ingin kami gali informasi dari orang tuanya. Sekedar informasi, kedua orangtua ananda Akhyar ini adalah aktivis yang tidak pernah surut agenda dan kesibukannya. Ibunya juga aktif di banyak kegiatan masyarakat, begitu pula ayahnya. Akhyar lahir di Bandung pada 25 Oktober 1997. Kini tinggal dengan orang tuanya di jl. Pamekasan no.26, Antapani, Bandung.

Alhamdulilah, kami berkesempatan untuk mewawancarai ibu Patra – panggilan akrab dari ibu Yuria Prathiwi Cleopatra – di tengah begitu banyak kesibukannya.
(Kami biasa memanggil ibu Patra dengan panggilan ‘teteh’)  

Assalaamu’alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh
Wa’alaykumussalaam warahmatullaahi wabarakaatuh

Ini dengan Tika teh, dari tim humas PKS kota Bandung. Ingin mengetahui kisah remaja berprestasi. Kami mendapat informasi tentang putra teteh, Akhyar...
Oh begitu, silakan teh...

Akhyar sekarang kelas berapa, ya teh?
Akhyar sekarang kelas 3 SMA teh... Akhyar sekolah SD sampai dengan SMP di Sekolah Alam Bandung, tapi sekarang SMA nya homeschooling.

Apa saja prestasi Akhyar selama SD sampai SMA sekarang?
Prestasi apa yah? (tertawa)

Prestasi di bidang akademis atau di bidang ekstra kurikuler, barangkali?
Dia (Akhyar) pernah juara lomba robot. Dia juga menginisiasi gerakan SIRUP, Solidaritas Remaja Untuk Palestina.

Waktu kapan itu, teh?
Kalau SIRUP sekarang. Sebenarnya, di Sekolah Alam gak pake prestasi akademis , gak pake sistem ranking... Apalagi di homeschooling (tertawa)
Pernah juga juara 3 lomba bahasa prancis, kalo gak salah...  Sebenernya jarang ikut lomba, sih...
Oh ya, hafalannya sekitar 4 juz...

Menurut  teteh sebagai ibunya, Akhyar itu tipe anaknya seperti apa? Cenderung menyukai hal-hal yang sifatnya akademis, atau lebih suka inovasi?
Dia sukanya berekspresi dan bereksplorasi, sih. Berorganisasi, bikin proyek (kegiatan-red), belajar bahasa asing, dan lain-lain. Tentang SIRUP, itu komunitas baru, anggotanya anak-anak SMA dan mahasiswa. Jadi dia keliling ke SMA-SMA, audiensi dengan kepala sekolahnya untuk penggalangan dana dan presentasi kondisi Palestina ke anak-anak SMA dan SMK di kota Bandung. Sering juga bikin aksi peduli Palestina di Car Free Day Dago. Ada grupnya di facebook, bisa di search SIRUP Solidaritas Remaja Untuk Palestina

Oh ya teh, saya akan konfirmasi tentang nilai TOEFL tertinggi yang pernah dicapai Akhyar...
Oh..., TOEFL itu ujiannya baru satu bulan yang lalu, di EF (English First). Itu baru yang ITP, paperbased.

Nilainya berapa teh?
Scorenya 640.

Baik teh. Apakah dari kecil Akhyar sudah terlihat menonjol daya inisiasinya?
Alhamdulillaah... Itu salah satu talenta yang terlihat dari Akhyar...
Akhyar tidak perlu disuruh-suruh untuk belajar dan beraktivitas, orang tuanya tinggal memantau dan mengarahkan. Dia suka presentasi di acara da’wah kampus. Kebanyakan gaulnya sama mahasiswa juga. Dia juga suka nulis di blognya : http://akhyarkamili.blogspot.com/
Oh iya, dia juga orator

Yang terakhir ini teh, yang paling dominan mengarahkan Akhyar selama ini siapa ?
Nah, kalau itu abinya (tertawa)

Baiklah..., terima kasih atas waktu dan kesediannya, teh... Jazaakillaah teh, wassalaamu’alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh
Waiyaaki, wa’alaykumussalaam warahmatullaahi wabarakaatuh


(Wawancara berlangsung via telpon oleh Tika Syahida)
Yuria: Skor TOEFL Akhyar 640 Reviewed by alimoel soekarno on 22.29 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.