Tulisan Anda sebagai Donasi bagi Perubahan



PKS

Sebuah perubahan memerlukan rancang bangun yang kuat sehingga bangunan yang akan dibangun itu dapat menyentuh realitas yang ada, menjawab segala permasalahannya dan membuat nyaman atas perubahan yang tercipta itu. Hal ini adalah area ide, gagasan-gagasan yang diracik dalam merespon kesenjangan antara idealita dan realita, dengan rumusan-rumusan suatu pemahaman yang memungkinkan menjawab permasalahan itu.

Gagasan-gagasan banyak bermunculan menawarkan konsepsi suatu perubahan. Namun tidak sedikit gagasan-gagasan itu tenggelam tak berbekas karena tidak adanya kejelasan konsep, konstruksi yang membangunnya terlampau kabur, utopia, dan sulit tersimulasikan dalam ruang logika, serta ketiadaan rekaman yang dapat melacak antara satu ide dan ide lainnya yang dapat membangun sebuah kesatuan konstruksi gagasan perubahan.

Disinilah pentingnya suatu gagasan tertuang dalam sebuah media yang dapat memaparkan permasalahan yang dihadapi, kondisi yang seharusnya dibangun, gagasan yang ditawarkan, serta konklusi dan solusi dari permasalahan tersebut. Media itulah yang akan merekam gagasan itu sehingga dapat dengan mudah  dibaca, dikomunikasikan, disebarkan, dan merangsang orang banyak untuk menerima dan secara rela merealisasikan ide tersebut.

Tulisan menjadi media yang terbaik untuk mengkomunikasikan dan merekam segala gagasan. Hal ini tentunya sangat realistis, kita dapat bayangkan betapa banyaknya ideologi-idelogi dan bahkan sebuah kepercayaan yang berumur hingga berabad-abad tahun dapat lestari sampai sekarang karena adanya dokumentasi yang dibuat oleh para pemikirnya dalam bentuk tulisan. Gagasan itu akan senantiasa dapat dibaca dan mungkin diyakini kebenarannya hingga akhirnya sekelompok orang menganut ideologi atau kepercayaan itu, melestarikannya dan memperjuangkan untuk merealisasikan ideologi tersebut.

Gagasan-gagasan yang tertulis itu menembus ruang dan waktu sehingga orang-orang dapat menyepakati kebenarannya dan dengan sukarela memperjuangkan ide tersebut. Hal ini pun terjadi dalam da’wah ini, rentang yang amat jauh antara Timur Tengah dan Indonesia, lewat interaksinya dengan beberapa literatur da’wah Ikhwanul Muslimin, sekelompok pemuda mendialogkan ide-ide yang ada di dalamnya kemudian mentranformasikan ide-ide tersebut dalam konteks kekinian dan ke-di sini-an Indonesia, hingga akhirnya berdirilah partai da’wah yang masih kokoh sampai sekarang.

Setiap kita dapat menjadi pelopor dan memberikan gagasan yang terbaik bagi perbaikan umat dengan apa yang kita pahami. Ruang-ruang solusi sangat dibutuhkan terkait dengan kompleksitas permasalahan yang dihadapi oleh umat saat ini. Dengan gagasan yang kita tulis, bisa jadi itu adalah solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh seseorang.

Tuliskanlah ide dan sebarkanlah! Sebab itu adalah wakaf  kita dengan keilmuan yang kita miliki, karena kita tidak pernah mengetahui apakah ide yang kita tuliskan itu menjadi obat bagi perbaikan umat ini dengan ruang dan waktu yang tak pernah kita ketahui. 

Kita tidak perlu menjadi penulis yang handal dalam Da’wah bil Qolam ini. Namun dengan membiasakan menuliskan ide tersebut, akan mengasah kualitas narasi tulisan yang kita buat. Status facebook atau media sosial lainnya yang kita miliki menjadi media yang berharga untuk melatih hal itu. Menulislah dari mulai hari ini, karena tulisan anda adalah donasi anda bagi perubahan. [Abi Farhan]

Posting Komentar

0 Komentar