Runingsih, Aktivis Perempuan Kota Bandung, Tak Henti Berkarya

Bu Runingsih bersama keluarga

Bu Runingsih dalam aktivitas sebagai juru dakwah, pembina ummat khususnya Muslimah

Ketua Bidpuan DPD PKS Kota Bandung

Bu Runingsih Penggerak Komunitas Bank Sampah

BU Runingsih Penggiat Rumah Keluarga Indonesia

RUNINGSIH(4), perempuan bersahaja ini biasa disapa Teh Eno atau Ummi Uswah, lahir tanggal 4 Maret 1970, merupakan anak ke-5 dari pasangan suami istri Bapak Eli Sadeli dan Ibu Kusnah.


RUNINGSIH(4) kecil yang dibesarkan dari keluarga sederhana dan biasa bergaul dengan masyarakat, sehingga lebih banyak menyerap aspirasi, keinginan dan uneg-uneg mereka. Dengan kondisi tersebut, mulai muncul keinginan menampung, menyampaikan, dan memberi solusi terhadap permasalahan- permasalahan tersebut. Ternyata keinginan seperti itu tidak tercapai optimal, jika dilakukan dengan sendirian, sehingga RUNINGSIH(4) berani dicalonkan menjadi Calon Anggota DPRD (CAD) Kota Bandung untuk periode 2014-2019 dari Partai Dakwah PKS.



RUNINGSIH(4) menyelesaikan pendidikan SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi di Kota Bandung. Enam tahun bersekolah di SDN Pasirlayung, sampai dengan saat ini pun masih menjalin hubungan baik dengan para guru. Tiga tahun mengenyam pendidikan di SMPN 16 Bandung. Tiga tahun kemudian menyelesaikan pendidikan di SMAN 10 Bandung. Setelah itu, diterima masuk Fakultas MIPA Jurusan Biologi UNPAD Bandung. Tertarik dengan dunia Pendidikan, alhamdulillah RUNINGSIH(4) berhasil menyelesaikan Sarjana Pendidikan di STAI SABILI Bandung.



Menikah dengan Rachmat tahun 1991 dengan semangat membentuk keluarga Sakinah Mawaddah Rahmah dan Dakwah, Alhamdulillah sampai saat ini RUNINGSIH(4) sudah dikaruniai 6 orang anak, terdiri 4 putri dan 2 putra.



RUNINGSIH(4) aktif sebagai kader PKS, sejak awal Partai Keadilan berdiri tahun 1998. Sejak itu, beliau terlibat langsung dalam proses pengkaderan dan pembinaan anggota-anggota PK. Kegiatan ini masih dan akan tetap RUNINGSIH(4) jalani untuk merekrut dan membina kader baRU berhati beNING dan punya niat berSIH membangun Kota Bandung Juara.



Saat ini, RUNINGSIH(4) mengemban amanah sebagai Ketua Bidang Perempuan DPD PKS Kota Bandung, dengan tugas utama menjadikan Keluarga-keluarga Kota Bandung menjadi keluarga tangguh baik dari sisi spiritual, moral, dan finansial. Suatu tugas yang tidak mudah dan menantang. Untuk itu, program yang diretas Bidang Perempuan Kota Bandung saat ini adalah dengan membuat suatu wadah ”RUMAH KELUARGA INDONESIA” dan “POS EKONOMI KELUARGA”



Aktivitas lain yang dijalani RUNINGSIH(4) sehari- hari setelah mengurus keluarganya ialah aktif sebagai Pengisi Majelis Taklim, Pengajar Tahsin Al-Qur’an, pengajian Orang Tua murid, Pengisi kajian-kajian dakwah mahasiswa dan tugas dakwah lainnya.



Seiring mendukung Program Bandung Juara, RUNINGSIH(4) dan relawan sedang merintis pembentukan unit-unit Bank Sampah yang akan disebar di 151 Kelurahan di Kota Bandung, dengan harapan Kota Bandung terbebas masalah sampah akan segera terwujud. Untuk itu, dengan meminta lindungan Allah SWT, RUNINGSIH(4) memohon do’a serta dukungan masyarakat Kota Bandung, khususnya Daerah Pemilihan 2 (Cidadap, Coblong, Cibeunying Kaler, Cibeunying Kidul, Bandung Wetan dan Sumur Bandung) pada waktunya nanti, 9 April 2014.

Posting Komentar

0 Komentar