Top Ad unit 728 × 90

Kisah Hud-hud si Pembawa berita


Mendengar kata "burung hud-hud", apa yang ada di pikiran kita? pikiran kita mungkin melayang ke masa kecil kita, tatkala ayah atau ibu kita bercerita tentang kisah Nabi Sulaiman dan burung Hud-hud.

Burung Hud-hud adalah burung yang sangat pintar. Dia bisa berargumentasi dengan cerdas tatkala berbicara dengan Nabi Sulaiman.

Masih ingat tidak ceritanya? :)

Begini ceritanya...

Tatkala Nabi Sulaiman memeriksa pasukannya, bahkan beliau pun memeriksa pasukan burung-burung untuk melihat apakah mereka semuanya telah berada di markasnya. Ternyata beliau mendapati burung Hud-hud tidak hadir kala itu.

Nabi Sulaiman berkata, "Mengapa aku tidak melihat burung hud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir?" (An-Naml: 20)

Kemudian Nabi Sulaiman AS 'mengancam' burung hud-hud karena ketidakhadirannya tersebut, seraya berkata, "Sungguh aku benar-benar akan mengadzabnya dengan keras, atau benar-benar menyembelihnya kecuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alasan yang terang." Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata, "Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini. Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar. Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan setan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak dapat petunjuk, agar mereka tidak menyembah Allah Yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi dan Yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Allah, tiada Ilah Yang disembah kecuali Dia, Rabb Yang mempunyai 'Arsy yang besar." (Qs. An-Naml: 21-26)

Lihatlah betapa cerdasnya Hud-hud, dia membawa argumentasi yang kuat mengapa dia tidak hadir kala itu. Dan Hud-hud juga membawa berita yang sangat penting tentang kerajaan Saba' yang dipimpin oleh seorang Ratu. Argumentasi dan berita yang dibawakan burung Hud-hud membebaskan dia dari ancaman hukuman Nabi Sulaiman :)

Kisah ini cukup panjang diceritakan di dalam Al-Quran.

Kisah ini juga adalah awal kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba'. Banyak orang penasaran dan bertanya, apakah ada kisah cinta antara Nabi Sulaiman dan Ratu Saba? ada yang tahu jawabannya dari referensi yang shahih (Al-Quran dan Hadis)?

Kisah Hud-hud si Pembawa berita Reviewed by PKS Bandung on 19.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.