Top Ad unit 728 × 90

Ridwan Kamil di Mata Seorang WNI di New York

Tulisan dari W. Irawan (WNI yang sedang merantau di New York) | New York, 13 Maret 2013

Hari ini, disini di negeri rantau, seorang anak muda Indonesia, urang Sunda asli Bandung, Ridwan Kamil bersama Joan Clos, mantan walikota Barcelona menerima Urban Leader Award dari Univ of Pennsylvania, sebuah penghargaan untuk pemimpin informal perkotaan yang memberikan kontribusi luar biasa dalam membangun kota yg sukses merespon tantangan abad ke-21.

Program pemberdayaan masyarakat kota yg digagasnya, blok Tempe dan gerakan Indonesia Berkebun telah membawanya ke pengakuan dunia internasional sebagai tokoh informal perkotaan.

Penghargaan ini bukanlah yang pertama, tetapi semakin mengukuhkan dirinya sebagai sosok muda kreatif pituin Bandung yang telah mendunia. Beberapa karya 'formal' sebagai arsitek bertebaran di seantero dunia, sebutlah Marina Bay Waterfront Masterplan Singapore, Sukhotai Urban Resort Master Plan di Bangkok, Ras Al Kaimah Waterfront di Qatar, serta di dalam negeri pun tak ketinggalan seperti kawasan Rasuna Epicentrum. Museum Tsunami di Aceh dan Masjid Al-Irsyad Kotabaru Parahyangan di Bandung adalah karyanya. 

Belum lagi, 50 kota di luar Indonesia telah memintakan buah pikirannya untuk pengembangan kota-kota itu.

Baginya, pengakuan atas beragam karyanya, seperti penghargaan arsitektur ASIA BCI Top 10 Award selama 4 kali 2008, 2009, 2011 dan 2012 belumlah cukup untuk mewujudkan mimpinya. Mewujudkan Bandung sebagai kota kreatif adalah mimpi besarnya sepulang menerima penghargaan sebagai tokoh muda kreatif dari British Council. Ia mulai mewujudkan mimpinya dengan membangun Bandung Creative City Forum (BCCF).

Sudah puaskah ia? Belum, belum tuntas. Ia akan menuntaskannya dengan menjadikan dirinya sebagai Walikota Bandung. Akankah Bandung menjadi Juara Dunia sebagaimana impian Ridwan Kamil? Akankah warga Bandung melepas kesempatan seorang pituin Bandung untuk menata kotanya mendunia? Hanya warga Bandung yg bisa menjawab dan memberinya kesempatan.

#dari bandung untuk indonesia
#BandungJuaraIndonesia


(facebook)

*Atas dasar ini, PKS ingin memberikan solusi bagi warga masyarakat Kota Bandung dengan mendukung Kang Ridwan Kamil menjadi Wali Kota, bersanding dengan Mang Oded MD. Semoga Allah SWT berkenan mengabulkan do'a kita untuk kemaslahatan kota yang kita cintai ini, amien. (red.)

Ridwan Kamil di Mata Seorang WNI di New York Reviewed by PKS Bandung on 11.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.